5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur yang Wajib Anda Kunjungi

0
815
Pantai Ria Kenjeran

Kota Surabaya terkenal debagai kota jasa dan kota perdagangan. Tetapi jangan salah, di tempat ini juga terdapat banyak tempat wisata yang layak untuk di kunjungi. Tempat wisata Surabaya terbagi dalam beberapa tipe. Beragam tipe tersebut yaitu tempat wisata belanja seperti mall, Wisata heritage/sejarah seperti kota tua, Wisata religi seperti makam Sunan Ampel.

Kebun Bibit Wonorejo

Ada juga Wisata alam seperti taman kota dan  mangrove maupun Wisata kuliner Surabaya. Saat ini  Kabar Surabaya akan membahas 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur yang dapat menjadi salah satu tujuan destinasi Wisata alam Surabaya. Tempat wisata ini dapat menjadi lokasi refreshing maupun mengisi waktu libur anda. Berikut akan kami bahas mengenai 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur yang Wajib Anda Kunjungi  berikut ulasannya:

  1. Taman Flora Bratang

Tempat wisata ini eletak di dekat terminal bis kota Bratang. Taman dengan luas 2,4 hektare ini seakan menjadi paru-paru bagi area sekitarnya. Pada awalnya tempat ini merupakan kebun bibit Kota Surabaya sebelum akhirnya di pindahkan ke daerah Rungkut – Wonorejo. Kawasan  ini sering di gunakan oleh muda-mudi dari Kota Surabaya untuk sekedar “cangkruk” maupun ber-refresing.

Dengan pepohonan yang rindang dan besar di tambah adanya kolam ikan yang cukup luas menjadikan tempat ini terasa sejuk walau di siang hari. Beragam fasilitas di tawarkan di tempat ini. Mulai kandang burung raksasa, fasilitas permainan anak, kandang rusa, lokasi kuliner. Di sini ada pula pusat pendidikan komputer dan internet gratis yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk belajar. Tiket masuk : Rp 0 alias GRATIS.

  1. Pantai Ria Kenjeran

Kenjeran atau di kenal juga dengan nama KenPark ialah salah satu Wisata alam Surabaya yang berlatar belakang pantai. Tempat Wisata Pantai Kenjeran ini merupakan  wisata pantai satu-satunya yang ada di Kota Surabaya. Pantai ini menjadi jujukan favorit untuk warga kota maupun warga luar kota yang berlibur di Kota Pahlawan ini. Tempat Wisata Pantai Kenjeran ini terbagi menjadi 2 bagian dengan type wisata yang berbeda. Yang pertama ialah kenjeran lama, dimana kita dapat  merasakan pasir pantai dan deburan ombak di tempat ini. Tetapi  sayangnya jenis pasir yang berwarna hitam serta air yang keruh sedikit mengganggu kenyamanan pengunjung pantai.

Tetapi  tak perlu risau, pantai bukan menjadi daya tarik utama di lokasi ini. Di pantai ini terdapat dermaga yang merupakan spot favorit bagi para penggemar fotografi untuk mengabadikan Sunrise Surabaya. Di tempat ini juga banyak di jual beragam oleh-oleh khas Kenjeran. Buah tangan itu seperti kerupuk ikan maupun beragam cindera mata yang dapat di bawa pulang dengan harga yang dapat di tawar. Cukup membayar Rp. 5000/orang maka anda dapat masuk ke tempat ini.

Menurut ceritanya Patung tersebut dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung terkesima terhadap sosok wanita berjubah serba putih yang berjalan di atas permukaan air. Karyawan tersebut melihatnya ketika menutup klenteng di malam hari. Tak ketinggalan pula aneka permainan bagi anak yang akan membuat putra-putri anda betah bermain di dalamnya. Cukup membayar Rp. 5000/orang, maka anda sekeluarga dapat  bermain sepuasnya serta merasakan kuliner sate kerang yang cukup terkenal.

  1. Kebun Bibit Wonorejo

Sesuai dengan namanya , lokasi taman ini terletak di daerah Rungkut – Wonorejo. Di  Lahan dengan luas  6 hektare ini merupakan tempat di mana bibit-bibit pohon yang ada di Kota Surabaya ini di semaikan. Di kebun bibit Wonorejo ini terdapat danau besar yang menjadi titik perhatian dari taman ini. Di sekelilingnya di bangun beberapa dermaga sehingga pengunjung dapat menikmati danau tersebut.

Kawasan  ini sangat cantik, tak jarang sering di gunakan untuk lokasi foto pre-wedding untuk  pasangan yang akan menikah. Fasilitas di tempat ini juga tak kalah menarik seperti jogging track di sekeliling danau, kerikil refleksi kaki, playground untuk anak serta sentra PKL Untuk memasuki tempat ini anda tidak di kenakan biaya.

  1. Taman Mangrove Wonorejo

Taman Wisata Mangrove ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang cukup popular di Kota Surabaya  yang berlokasi di daerah Rungkut – Wonorejo. Apabila anda melewati jalan Ir soekarno . Lalu lurus saja hingga menemukan kampus Stikom Surabaya. Kemudian lurus terus ke arah timur hingga anda menemukan gerbang masuknya.

Meskipun jalan menuju kesana cukup  sempit, tetapi  ketika sudah sampai ke lokasi semangat anda akan bangkit lagi. Penataan pohon bakau yang rapi. Di tambah dengan walking zone di pinggir mangrove. Dapat  menjadi spot fotografi yang cantik untuk  anda penggemar selfie. Di tempat ini, anda juga bisa naik perahu menyusuri mangrove hingga ke laut. Kemudian anda dapat beristirahat di gazebo  yang bisa anda untuk naik perahu  dengan tiket masuk sebesar  Rp 25.000.

  1. Taman Mangrove Gunung Anyar

Taman mangrove Gunung Anyar ini berlokasi di kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Lokasi mangrove ini dapat  di tempuh dari kampus UPN terus lurus ke arah timur. Rute menuju lokasi sangat mudah dan cukup lebar. Sampai di lokasi anda akan di sambut oleh gerbang selamat datang dan sebuah dermaga kecil. Lokasi wisata ini memang belum tertata rapi,tetapi  di situlah daya tariknya, karena alamnya amasih asri dan alami. Dilokasi ini anda dapat di antarkan oleh perahu-perahu nelayan yang siap membawa anda hingga ke laut lepas.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur yang Wajib Anda Kunjungi yang bisa anda jadikan referensi untuk tujuan destinasi liburan anda dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here